Sedang Tren, Sepatu yang Pernah Dipakai Jokowi Bisa Bikin Sakit Punggung

16.19























Jakarta - Sepatu mule atau lebih dikenal dengan sebutan selop di Indonesia, kini menjadi salah satu tren fashion yang booming di awal 2017. Sepatu yang juga sempat populer di Tanah Air karena pernah dipakai Presiden Jokowi ini makin digemari, karena juga dikenakan kalangan fashionista mulai dari Katie Holmes hingga Gigi Hadid.

Mule atau selop, memang disukai karena modelnya yang praktis dikenakan. Mule dengan bagian depan berbentuk loafer juga cukup versatile dipakai untuk berbagai macam gaya mulai dari kasual hingga semi formal. Tapi tahukah Anda, sepatu dengan model terbuka di bagian belakang ini bisa menyebabkan sakit punggung?

















Dr. Karen Erickson, seorang pakar chiropractic asal New York City mengatakan, banyak pasiennya yang mengeluhkan tentang postur tubuh yang tidak bagus dan sakit punggung. Kebanyakan dari mereka yang mengalami sakit punggung, mengaku penyebabnya karena pilihan fashion mereka sendiri.
"Saya suka sepatu mule ini karena menjadi alternatif yang lebih baik daripada sepatu hak tinggi. Tapi masalahnya ketika Anda berjalan, sepatu tidak memiliki penyangga bagian belakang yang baik. Mereka juga tidak menjaga kaki tetap di tempatnya," ujar Karen.

Menurut Karen, sepatu yang baik seharusnya tidak terlepas dari kaki ketika dipakai. Ketika Anda menggoyangkan kaki dan sepatu tidak terlepas, maka sepatu yang Anda kenakan bisa dibilang bagus.

"Maka jika sepatu mudah terlepas, jari-jari kaki otomatis akan menekuk ketika berjalan untuk menjaga agar sepatu tidak terlepas," ujarnya.

















Ketika jari-jari kaki selalu menekuk saat berjalan, maka Anda tidak bisa mengayunkan kaki terlalu jauh. Langkah kaki cenderung akan lebih pendek dan itu bisa menyebabkan tekanan pada tulang punggung.


Karen mengatakan apabila Anda berjalan dengan langkah pendek-pendek setiap hari, akan berdampak pada tulang punggung. Posisi berjalan yang tidak natural ini akan mengakibatkan tulang punggung dan tulang belakang mengalami tekanan yang berdampak pada timbulnya nyeri atau sakit.

Jika ingin tetap mengikuti tren sepatu mule, sebaiknya jangan memakainya setiap hari atau digunakan untuk berjalan kaki dalam waktu lama. Cukup pakai sesekali saja, dan jangan dipakai berjalan terlalu jauh.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »